Nama : Oke Pajarli, S.Kom
Mapel : Bahasa Lampung
Kelas : 4
Unit : SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
materi : KISI-KISI PAS Kelas IV
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Tabik pun........Selamat pagi anak-anak........
Api kabagh sanak-sanak sai sholeh ghik sholehah...
sihat seunyinni yu nak....
Alhamdulilah khani hinji, kham dapok betungga luwot dilom pelajaghan Bahasa Lampung. Semakung kham ngemulai pelajakhan di pagi hinji dang lupa bedu’a usahako sholat dhuha khik muroja’ah pai yu nak, nyin ilmu sai dikeni ulih gughu dapok kuti teghima sai helau.
Anak-anakku, pada peghtemuan ghani hinji gham haga pelajaghi “Kisi-Kisi PAS” Semakung ngemulai pelajaghan. Kuti sediako buku ghik alat tulisni yu nak… Hunja pak gughu mapaghko mateghi singkat. Ti baca ghik ti pahami yu anak-anak pak gukhu.
KISI-KISI PAS BAHASA LAMPUNG KELAS 4 SEMESTER 2 T.P 2023-2024
NO |
KD |
MATERI |
INDIKATOR SOAL / STIMULUS |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1 |
4.3.6 Memahami teks narasi tentang cinta tanah air |
1. Ngelestariko keghajinan lampung
2. nyepok kata-kata sulit
3. kata berimbuhan |
1. disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan bahan-bahan kain tapis. 2. disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan asal kain tapis. 3. disajikan gambar,peserta didik dapat menyebutkan jenis keghajinan tradisional masyarakat lampung 4. Disajikan kalimat,peserta didik dapat mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada kalimat. 5. Disajikan kalimat,peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai. 6. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan kata dasar dari kata berimbuhan. 7. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menunjukkan kata berimbuhan. 8. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menentukan imbuhan kata pada kata dasar. 9. Disajikan kalimat,peserta didik dapat membedakan kata berimbuhan dengan kata dasar. 10. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar. 11. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat mengartikan kata yang bertulis tebal. 12. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat menuliskan ke tulisan latin. 13. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyalin dengan aksara. |
L3
L2
L3 |
PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN |
8
1
9
10
11
12
13
14
2
15
16
17
3 |
2 |
4.3.7 menemukan informasi melalui karangan narasi berbahasa lampung tentang mengapai cita-cita |
1. Contoh kalimat langsung dan tak langsung
2. Aksara lampung
|
14. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menyebutkan termasuk kalimat apakah kalimat tersebut. 15. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat menunjukkan mana kalimat langsung. 16. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat menunjukkan mana kalimat tidak langsung. 17. Disajikan kalimat,peserta didik dapat membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. 18. Disajikan teks,peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kalimat langsung. 19. Disajikan teks,peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kalimat tidak langsung. 20. Disajikan tulisan aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar 21. Disajikan kalimat berbahasa lampung,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara 22. Disajikan kalimat aksara,peserta didik dapat bunyi aksara yang dimaksud 23. Disajikan gambar,peserta didik dapat menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung. 24. Disajikan sebuah kata,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara yang benar. 25. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kaata yang sesuai. 26. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 27. Disajikan kalimat berbahasa lampung, peserta didik dapat menuliskan kembali dengan aksara yang benar. |
L3
L3 |
ISIAN
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG |
4
1
18
19
20
21
22
5
23
24
2
25
26
27 |
3 |
4.3.8 Memahami isi teks aksara lampung mengenai lingkungan tempat tinggal |
1. mencari kata-kata yang berkaitan dengan kesehatan dalam bahasa lampung
2. menulis kata-kata tersebut dengan menggunakan aksara.
3. mengidentifikasi kalimat sempurna dan tak sempurna |
28. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa subjek. 29. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa predikat. 30. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa objek. 31. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat /pola kalimat 32. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan perbedaan antara unsur kalimat 33. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan letak masing-masing unsur kalimat. 34. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan judul lagu lampung 35. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan letak propinsi lampung 36. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan tanda baca dalam aksara. 37. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan jumlah anak surat. 38. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan fungsi dan kegunaan dari tanda mati. 39. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan bentuk anak surat |
|
PG
PG
PG
URAIAN
PG
ISIAN
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN
PG
|
28
29
30
3
31
6
7
32
33
34
8
35
|
4 |
4.3.9. memahami informasi melalui teks eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi yang berasal dari daerah lampung. |
1. membaca teks makanan bergizi
2. mengidentifikasi makanan sehat dan makanan tidak sehat
3. mendengarkan nama-nama benda yang disebutkan guru.
4. propinsi lampung |
40. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan judul teks 41. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan nama makanan khas daerah 42. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan makanan empat sehat lima sempurna. 43. Disajikan gambar, peserta didik dapat menemukan dan menyebutkan nama makanan khas lampung. 44. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan yang termasuk makanan sehat 45. Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam jenis makanan 46. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menentukan nama-nama benda disekitar. 47. Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan benda yang dimaksud. 48. Disajikan gambar, peserta didik membedakan dan menyebutkan pakaian adat lampung. 49. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan letak propinsi lampung 50. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menemukan dan menyebutkan semboyan propinsi lampung. |
|
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
URAIAN
ISIAN
URAIAN
|
1
2
3
9
4
5
6
7
4
10
5 |
Komentar
Posting Komentar