Nama : Oke Pajarli, S.Kom
Mapel : Bahasa Lampung
Kelas : 5A
Unit : SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
materi : Kalimat Perintah
Tujuan : Mampu memahami materi kalimat perintah.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Tabik pun........Selamat pagi anak-anak........
Api kabagh sanak-sanak sai sholeh ghik sholehah...
sihat seunyinni yu nak....
Alhamdulilah ghani hinji, kham dapok betungga luwot dilom pelajaghan Bahasa Lampung. Semakung gham ngemulai pelajaghan di pagi hinji dang lupa bedu’a usahako sholat dhuha khik muroja’ah pai yu nak, nyin ilmu sai dikeni ulih gughu dapok kuti teghima sai helau.
Anak-anakku, pada peghtemuan ghani hinji gham haga pelajaghi tema 1 tentang ” Kalimat Perintah”, Semakung ngemulai pelajaghan. Kuti sediako buku ghik alat tulisni yu nak… Hunja pak gughu mapaghko mateghi singkat. Ti baca ghik ti pahami yu anak-anak pak gukhu.
Kalimat Perintah
Kalimat perintah adalah kalimat yang berisi tentang makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Sebelum membahas kalimat tersebut lebih dalam alangkah baiknya jika kamu mengetahui ciri-ciri kalimat perintah. Berikut ciri-ciri kalimat perintah.
1. Nada ucapan yang dilontarkan akan memiliki intonasi yang lebih tinggi di akhir kalimat. Apabila diucapkan dalam bentuk lisan, maka akan memiliki intonasi naik di bagian awal dan rendah di bagian akhir.
2. Kalimat perintah umumnya menggunakan pola kalimat inversi atau PS.
3. Dalam pengucapan nya kalimat tersebut biasanya akan ditambahkan dengan imbuhan “kan tau lah”.
4. Jika diucapkan dalam bentuk tulisan maka kalimat tersebut biasanya akan di akhiri dengan tanda (!)
Fungsi kalimat perintah ada 4 yaitu :
1. Permintaan izin
Contoh :
Dialek A |
Dialek O |
Cuba nyak ngeliyak PR mu! |
Cobou nyak ngenah PR-meu! |
2. Ajakan
Contoh :
Dialek A |
Dialek O |
Geluk gham lapah! |
Geluk gham beghakkat! |
3. Perintah
Contoh :
Dialek A |
Dialek O |
Mejong pai! |
Mejeng pai! |
4. Larangan
Contoh :
Dialek A |
Dialek O |
Ikin ghatong! |
Mikkin meggeu! |
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar serta semua anak-anak bisa paham dengan materi yang di sampaikan.
Evaluasi :
- Untuk evaluasi pada pertemuan kali ini, siswa/i di harapkan mampu memahami definisi dari kalimat perintah
-
Siswa/I mampu membuat kalimat perintah
sesuai dengan 4 fungsi di atas.
Komentar
Posting Komentar