Menulis Huruf Aksara Lampung (Kelas 6B)

Nama        : Oke Pajarli, S.Kom

Mapel        : Bahasa Lampung

Kelas         :6B

Tanggal     : 26/09/2024 (09.00-10.10)

Unit            : SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

 

materi         : Menulis Huruf Aksara Lampung

 

Tujuan        : Mampu membaca dan menulis bilangan aksara lampung

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tabik pun........Selamat pagi anak-anak........

Api kabagh sanak-sanak sai sholeh ghik sholehah...

sihat seunyinni yu nak....

 

Alhamdulilah khani hinji, kham dapok betungga luwot dilom pelajaghan Bahasa Lampung. Semakung kham ngemulai pelajakhan di pagi hinji dang lupa bedu’a usahako sholat dhuha khik muroja’ah pai yu nak, nyin ilmu sai dikeni ulih gughu dapok kuti teghima sai helau.

Anak-anakku, pada peghtemuan ghani hinji gham haga pelajaghi tema 1 tentang ”Ghikinan Baghang”, Semakung ngemulai pelajaghan. Kuti sediako buku ghik alat tulisni yu nak… Hunja pak gughu mapaghko mateghi singkat. Ti baca ghik ti pahami yu anak-anak pak gukhu.

===============================================================================

Menulis Huruf Aksara Lampung


Ucapkan dnegan tepat angka-angka berikut ini.

Kemudian tulis kembali angka-angka dalam daftar berikut dalam aksara lampung

 

No

Penyebutan Angka

Anak Had Lampung

Dialek A

Dialek O

1

Telu Ngepuluh Lima Ghibu pitu ghatus

Tego ngepuluh tego gibeu piteu gatus

 

2

Ya lahegh : ghua ngepuluh pitu januari seghibu siwa ghatus selawi

Yo lahir : wou ngepuluh piteu januari segibeu sewo gatus selawi

 

3

Ukoghan bangunan : puluh kepas x lima belas kepas

Ukuran bangunan : puleuh kepas x lemou belas kepas

 

4

Pak juta walu ghatus enom puluh telu

Pak jutou waleu gatus enem ngepuluh tegou

 

5

Ghuwa ghibu lima ngepuluh lima ghupiah

Wou gibeu lemo ngepuluh lima ghepiyah

 

  ===========================================================

Kesimpulan :

Alhamdulillah pembelajaran hari ini tentang Mari Mengenal Tanaman Pohon Bakau atau Mangrove berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Tidak ada kendala apa pun saat mengajar dan anak-anak bisa memahami materi yang disampaikan

Komentar