Kalimat Tanya (Kelas 6A)

Nama     : Oke Pajarli, S.Kom

Mapel     : Bahasa Lampung

Kelas      : 6A


Unit        : SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari        : Rabu, 09/04/2025

Materi     : Teks Wacana "Kalimat Tanya"

Tujuan     : Peserta didik mampu memahami kata-kata yang digunakan untuk bertanya dalam bahasa lampung



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tabik pun........Selamat pagi anak-anak........

Api kabagh sanak-sanak sai sholeh ghik sholehah...

sihat seunyinni yu nak....


Alhamdulilah khani hinji, kham dapok betungga luwot dilom pelajaghan Bahasa Lampung. Semakung kham ngemulai pelajakhan di pagi hinji dang lupa bedu’a usahako sholat dhuha khik muroja’ah pai yu nak, nyin ilmu sai dikeni ulih gughu dapok kuti teghima sai helau.

Anak-anakku, pada peghtemuan ghani hinji gham haga pelajaghi tema (5) tentang "Kalimat Tanya" Semakung ngemulai pelajaghan. Kuti sediako buku ghik alat tulisni yu nak… Hunja pak gughu mapaghko mateghi singkat. Ti baca ghik ti pahami yu anak-anak pak gukhu.


 

Kalimat Tanya


Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi perintah untuk mendapatkan informasi atau pemberitahuan mengenai suatu hal.

 

Ciri-ciri kalimat perintah :

1. Menggunakan intonasi tanya diakhir kata dala kalimat.

2. Sering menggunakan kalimat tanya

3. Dalam penulisan harus menggunakan tanda tanya.

 

Kata tanya yang sering digunakan dalam kalimat tanya, digolongkan berdasarkan sifat dan maksud pertanyaan.

Maksud

Dialek A

Dialek O

1. Menanyakan benda

Api

Nyou

2. Menanyakan pelaku

Sapa

Apou, Sapou

3. Menanyakan jumlah

Pigha

Peghou

4. Menanyakan pilihan

Sai Ipa

Sai kedou

5. Menanyakan tempat/arah

Dipa, Jak Sipa, Jak dipa

Kedo, Jak kedo

6. Menanyakan waktu

Kapan, Kesaka, Ghaghepa

Kapan Akun, Kedo

 


Setelah anak-anak sholeh dan sholeha memahami materi diatas, maka selanjutnya silahkan kalian kerjakan tugas halaman 75 dan berikan contoh dari keempat piil dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kesimpulan :

Alhamdulillah pembelajaran hari ini tentang "Kalimat Tanya" berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Tidak ada kendala apa pun saat mengajar dan anak-anak bisa memahami materi yang disampaikan

Komentar